Apa itu #SedekahRombongan ?

 

Nama Saya Saptuari Sugiharto… saya tinggal di Yogyakarta,

Sejak tulisan saya tentang Putri Herlina bulan Juni 2011 lalu muncul di www.saptuari.com, respon dari kawan-kawan pembaca blog ini sungguh luar biasa! SMS dan Mention twitter masuk terus yang hampir semuanya ingin nitip sedekah. Ada yang meminta untuk diberikan ke Panti-Panti Asuhan yang ditinggali bayi, ada juga yang minta diberikan kepada siapapun yang membutuhkan. Saya seperti mendapatkan AMANAH DARI LANGIT untuk kepercayaan ini. Bayangkan, kawan-kawan yang tidak pernah berjumpa dengan saya, hanya ketemu di dunia maya rela untuk berbagi dan percaya bahwa sedekahnya akan sampai kepada yang berhak! Hanya Allah yang Berkuasa Membalikkan hati yang membuat semua ini terjadi. Terimakasih kawan-kawan.. Amanah kalian akan kusampaikan! Ini adalah pertanggungjawaban dunia akhirat… nanti saksinya kaki, tangan kita semua dan para Malaikat!

Setelah pertamakali saya menulis tentang pengumpulan bantuan untuk Panti Asuhan Sayap Ibu pada tanggal 9 Juni 2011, dan bantuan pertama dari pembaca blog www.saptuari.com diserahkan pada tanggal 13 Juni 2011, ternyata langkah itu tidak berhenti. Banyak yang terus menitipkan sedekahnya untuk saya sampaikan kepada mereka yang berhak. Ini memang bukan yang pertama untuk saya, pada bulan November 2011 lalu ketika Merapi meletus saya dan kawan-kawan di Kedai Digital juga bergerak mengumpulkan dana melalui Sosial Media sehingga terkumpul 180 Juta.

Setelah saya renungkan, saya memutuskan gerakan berlanjut ini dinamakan #SedekahRombongan (dengan bentuk Hastag yang mudah dikenali di Twitter), saya membuat dua rekening khusus di bank yang memang hanya boleh ditransfer untuk donatur #SedekahRombongan, bukan untuk rekening Bisnis.

Satu persatu muncul kawan-kawan yang mendukung gerakan ini, tiap hari ada saja yang terus memberikan dananya, baik melakukan konfirmasi atau tidak. semua tercatat di mutasi yang rutin kami rekap. Saya memutuskan tanggal 9 Juni 2011 adalah hari kelahiran #SedekahRombongan, jika Allah mengijinkan gerakan ini akan bertahan hingga tahun-tahun ke depan.

Saya juga mengajak beberapa rekan menjadi Relawan sukarela dalam gerakan ini. Mereka tidak digaji, bahkan biaya bensinpun mereka tanggung sendiri. 100% Dana #SedekahRombongan kami sampaikan untuk Para Duafa yang menjadi sasaran! Pada saat penyerahan juga muncul sukarelawan dadakan yang ikut mendukung gerakan ini, mereka semua ikhlas turun kelapangan tanpa mendapatkan imbalan…

Kami mulai mengerucutkan siapa saja yang bisa menjadi sasaran penerima #SedekahRombongan berdasarkan prioritas yaitu:

1. Panti Asuhan Anak Cacat

2. Panti Asuhan Bayi Terlantar

3. Panti Asuhan Yatim Piatu

4. Janda-Janda tua dhuafa

5. Anak-Anak/Dewasa/Orangtua Sakit dan tidak mampu

6. Biaya sekolah Anak Yatim dan Duafa

7. Pondok Pesantren yang sedang dibangun/kekurangan

8. Mushola/Masjid yang sedang dibangun

9. Kebutuhan alat ibadah (Quran, Sarung, Mukena dll)

 

#SedekahRombongan juga memiliki visi dalam bentuk penjelasan identitasnya: “Ini adalah Sedekah Jalanan, ini tentang obat yang belum terbeli, beras dan lauk yang belum terbayar… tentang susu dan makanan bayi yang habis esok hari, juga biaya sekolah yang masih tertunda… juga tentang bangunan panti, pondok, tempat tinggal bersama yang harus ditambah luasnya…” #SedekahRombongan menyampaikan titipan dari langit, tanpa perlu rumit, sulit, dan berbelit-belit!”

Mari terus bergerak dan ikut mengangkatnya bersama-sama!
Gak ada perbuatan baik yang sia-sia…
untuk tabungan kelak di kuburan kita semua…
“Sayangilah mereka yang ada di bumi, agar engkau dicintai yang ada di langit..”

(Rekening KHUSUS #SedekahRombongan)

Rek BCA: 456-492-1400

Rek Mandiri: 137-00-8979-8900

a/n Saptuari Sugiharto



FOTO-FOTO
Putri Herlina dan adik-adik cacat di Panti Sayap Ibu Jogja
 

Putri dengan Selly (Bayi yang ditinggal begitu saja di rumah sakit) cacat dalam, sehingga tidak bisa menelan. minum susu harus lewat hidung. Kakinya kaku dan hanya berbaring di tempat tidur. Lihat Putri yang membelai selly dengan ‘tangan’ bidadarinya... mata kita tidak bisa secara fisik melihatnya..

Indah, umur 6 tahun buta sejak lahir. Tidak punya bola mata. setiap hari hanya bisa berjalan dengan dituntun di sekitar panti. di Sayap Ibu Kalasan Jogja lebih dari 30 anak-anak korban Aborsi Gagal… Cacat… dibuang dan ditinggalkan.. sampai tua mereka disana. Siapa yang mau mengurusnya? ada yang tega membuang mereka begitu saja di pinggir jalan? biarkan hilang, terluka dan tersiksa dihempaskan kelaparan.. Jatah makan mereka dari pemerintah hanya 3000/hari/anak!! selebihnya Panti hanya mengandalkan dari donatur.

 

DOUBLE MENDERITA…
Mereka Anak-Anak Manusia.. sudah tidak punya orang tua, dibuang sejak lahirnya, ditambah cacat mental dan raganya…
Panti Asuhan yang mengurus mereka bebannya 2-3 kali lipat dari Panti Asuhan biasa yang anak-anaknya yatim tapi normal semua.
tinggal kita mau tidak, meringankan beban itu…toh rejeki kita juga cuma Titipan Tuhan, justru kita bangga jika bisa jadi air pancuran Rejeki dari Tuhan

 

 



32 Responses to Apa itu #SedekahRombongan ?

  1. weight loss

    Interesting content you post on your blog, i have shared this
    article on my facebook

  2. Gunadi/aditya pria ramadhan

    saya mencintai anda semua

  3. Cincin Couple

    nitip transfer ya mas ke rek bca,

  4. dhani

    interesting…. gimana cara gabung ke komunitas ini..?

  5. Sutan

    Mas/Mbak admin.. Gmn nih cara gabung dikegiatan ini? Ga bisa sedekah materi tapi pengen sedekah tenaga nih..

  6. sisca

    Semoga anak – anak yang berada d panti asuhan ini kebutuhannya di penuhi.. semoga saya mendapatkan rezeki yang banyak agar saya bisa berbagi dengan sedekah rombongan ini untuk sedikit meringankan beban mereka. Saya sayang sama kalian semua.

  7. alok wahyu barajp

    saya ingin sekali bergabung namun bagaimana caranya???

  8. eko

    alhamdulillah… semoga perjuangan kawan-kawan terus berlanjut, terus istiqomah.

  9. ahmad

    dulu saya sering lihat ambulan bertulisan SR, tak kirain mobil apaan???
    baru hari ini saya ngeh, ternyata dr sedekah rombongan. ndak ada kata kata yang dapat saya rangkai, kecuali mau terus SR..

  10. Samsudin

    Ya Allah jadikan aku ikhlas bersama teman2 SR

  11. Rahman

    Saya berminat bergabung sebagai bagian dari Sedekah Rombongan untuk wilayah Kalimantan Timur, bagaimana caranya …. ?

  12. Muhammad Bardi

    Mas Saptuari dkk, anda diganjar syorga tanpa keraguan. Teruskan dan semoga kami tetap bisa mendukung tanpa perlu susah, rumit dan berbelit-belit. Insya Allah.

  13. Hany

    Assalamualaikum, salam kenal saya Hany (laki2).
    Admin mohon info bagaimana ya cara gabung di Sedekah Rombongan ini untuk Wilayah Yogyakarta? jika ad ksempatan gabung mhon info kan ke saya 087734838872

  14. Hany

    Assalamualaikum, salam kenal saya Hany (laki2).
    Admin mohon info bagaimana ya cara gabung di Sedekah Rombongan ini untuk Wilayah Yogyakarta? jika ad ksempatan gabung mhon info kan ke saya 087734838872
    Trimakasih
    Wasalamualaikum

  15. Labib

    Assalamualaikum.
    Saya juga berminat gabung untuk wilayah Semarang. Bagaimana caranya?
    mohon info cara gabung di Sedekah Rombonganuntuk Wilayah Semarang? jika diizinkan dan ada ksempatan, mohon diinfokan jg ke saya 0899 5073 188
    Barakallah
    Wasalamualaikum

  16. irfanhidayat

    Perkenalkan Nama saya Irfan Hidayat Sasongko..disini saya minta tolong buat admin supaya bisa membantu masalah saya.

    Puji syukur kedirat Allah SWT yg telah memberikan kita peringatan dan cobaan agar supaya kita tetap sabar dan ikhlas dalam menghadapi cobaan Nya.
    Alhamdulillah karena Allah masih sayang pada hambanya,saya pada tgl 18 april dikaruniai anak prematur 7bulan yg sekarang dirawat di RSUP DR Sardjito yogyakarta.di ruang perinatal kamar NICU..mungkin karena kesalahan saya atau oknum daerah saya klaten sehingga saya tidak bisa mengurus jaminan kesehatan apapun..sehingga saya kerepotan dibiaya anak saya.mohon dengan berharap banyak admin bisa membantu saya.Cp saya 085743222982
    Bila inginkan foto bisa saya kirim.trimakasih

  17. Andi

    Saya baru mengalami kebangkrutan, sampai menumpuk hutang 300 juta lebih, istri saya sampai depresi, dan ke-2 anak saya yg masih kecil berubah psikisnya karena selalu melihat dan mendengar penagih utang datang dgn ancaman, suara kasar dlsbnya.barang-barang di rumah hampir terkuras habis hanya untuk menutupi bunga pinjaman.sy hanya khawatir akan masa depan anak-anak sy. sy sudah tidak tau harus bagaimana lagi.satu-satunya jalan yaitu melanjutkan usaha yang terkendala karena ketiaadaan modal. untuk itu mungkin kiranya ada dari bapak/ibu, saudara-saudariku yang mempunyai rezeki lebih mau menghibahkan sedikit rezekinya berapapun/keikhlasan dari bapak/ibu sy akan sangat menghargainya.

    Rek BRI : 7805 01 002051 53 5

    a.n : ANDI ABDUL AZIS

  18. iqbal

    Assalamualaikum,
    Dear Mas Saptuari Sugiarto, saya sangat tertarik dengan konsep sedekah rombongan,
    saya tinggal di Prabumulih, Sumatera Selatan, apakah boleh saya memakai nama sedekah rombongan untuk membuat program sejenis di tempat asal saya. Prabumulih, karena saya melihat banyak juga orang2 di sekitar saya yang membutuhkan pertolongan seperti di sedekah rombongan.
    mohon feeback nya.
    sekian dan terima kasih.
    Wassalam.

  19. zaenal

    Alhamdulillah, semakin banyak orang yang perduli kepada sesama maka Allah akan mencurahkan rahmatnya untuk negeri ini. semoga terus menginspirasi sehingga semakin banyak yang membuat gerakan serupa dimasing-masing daerah.

    trims
    zaenal

  20. Ayu

    Assalamualaikum.wr.wb..
    Saya sangat bersedia menjadi sukarelawan Sedekah Rombongan ini.
    Bagaimana cara bergabung?Saya berdomisili di Kota Makassar Sulawesi Selatan.
    CP Saya : 082187111159

  21. alfi syahrin

    Bismillah ..
    Assalamu’alaikum,

    melihat tayangan SR di tv one, langsung saja yg ingin mau saya tanyakan,
    gmn cara sedekah melalu SR ini ?
    apa langsung ditransfer ke rekening SR atau hrs konfirmasi lg kpd admin SR nya?

    lokasi saya sekarang dibatam.
    terima kasih.

    • nugroho

      Assalamualaikum…….Salam kenal Sy di garut jawabarat ada perwakilaannya nngak Pak?

  22. nugroho

    kebetulan Sykerja tp banyak waktu dan bersedia menjadi relawan, bagaimana caranya hp Sy 081395154800

  23. budi abduchalek

    Assalamualaikum, Mas Saptuari Sugiarto, saya budi dari depok so salam kenal. Saya sangat tertarik dengan konsep sedekah rombong yang mas gulirkan. Saya ingin mengembangkan ide mas dilingkungan saya karena saya melihat banyak juga orang2 di sekitar saya yang membutuhkan pertolongan seperti di sedekah rombongan.
    mohon feeback nya.
    sekian dan terima kasih.
    Wassalam.

  24. masliani ulfah

    Saia masliani ulfah..30 th wanita..saia ingin bergabung dikomunitas SR ini..perwakilan dari Tanah Laut Kalimantan selatan..cp.082158948694

  25. masliani ulfah

    Bagaimana caranya saia bisa bergabung? Saia sangat kesulitan jika berusaha sendiri apa lg setiap hari bertambah terus orang tua lansia yg perlu dibantu…peduli lansia kalimantan selatan…

  26. bekti catur

    Saya bersedia jadi relawan untuk wil.rembang &sekitarnya..bila berkenan ini nmr saya 082324130494

  27. norma

    SR…apakah b[sa km buka rekening an.SR….

  28. norma

    SR…apakah bisa km buka rekening an.SR….

  29. teguh sentosa

    ass, saya mau gabung untuk wilayah kab garut, jabar. gmn caranya?

  30. Handi

    Assalamualaikum wrwb.. saya Handi…jika diperkenankankan ingin bergabung menjadi relawan SR untuk Kota Tasikmalaya dsk…bagaimana caranya ?…mohon dpt diberitahu caranya via 08112111767..Jazakallohu Khairon Katsiro..Wassalam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>