Logo

WUJUDKAN AMBULANS GRATIS UNTUK PASIEN DI CIREBON Publish : 20 Sep 2021 - 10:01 WIB

Terkumpul
Rp 50.000
hari tersisa
58
Rp 300.000.000
0.02%

Miris sekali, ketika mendengar terdapat jenazah yang tak bisa dibawa pulang karena tidak ada biaya untuk ambulans ataupun dhuafa sakit yang tinggal di pelosok serta jauh dari fasilitas kesehatan yang harusnya berobat ke rumah sakit tetapi karena tak ada biaya untuk transportasi ambulans, terpaksa menahan sakitnya.

Itu juga yang dialami Ibu Royani binti Warjani (43 tahun). Saat bekerja di sawah, beliau sering merasakan nyeri di bagian bawah kanan kepala, terasa pusing dan serasa berputar. Beberapa kali mencoba berobat ke Puskesmas setempat, ia hanya diberi obat pereda nyeri. Sakitnya belum hilang hingga beberapa bulan dan akhirnya Ibu Royani dirujuk ke salah satu Rumah Sakit Swasta di Kota Cirebon. Hasil pemeriksaan dokter di rumah sakit tersebut cukup mengejutkan. Ibu Royani didiagnosa sakit Kelenjar Getah Bening dan harus menjalani biopsi.

Royani binti Warjani (43 tahun)

Pengobatan harus dilanjutkan di Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung untuk dilakukan operasi pengangkatan kankernya. Kondisi ekonomi yang tidak memungkinkan untuk ke Bandung hampir membuat pengobatan Ibu Royani terhenti.

Setelah menjalani rangkaian pemeriksaan, akhirnya Ibu Royani menjalani operasi pada Desember 2019. Saat ini Ibu Royani masih harus melakukan pemeriksaan dan terapi berkala di Bandung. Oleh karena itu Ibu Royani masih membutuhkan bantuan transportasi untuk berobat ke Bandung.

Mukhammad Ziban, 5 tahun

Pasien lainnya yang membutuhkan bantuan transportasi adalah Mukhammad Ziban. Ziban berasal dari Kab. Indramayu, Jawa Barat. Saat ini usia Ziban sudah hampir 5 tahun, namun pertumbuhan Ziban tidak seperti anak lima tahun lainnya. Hal ini karena Ziban mengalami pembesaran pada kepala atau yang secara medis disebut Hidrocepalus.

Kondisi ini bermula ketika usia Ziban baru 40 hari. Saat itu muncul benjolan di kepalanya. Namun saat itu orang tua Ziban tidak membawanya berobat karena tidak ada biaya dan menggapnya benjolan biasa. Akhirnya Ziban dibawa ke puskesmas oleh orang tuanya. Puskesmas kemudian merujuk Ziban ke RSUD Indramayu. Setelah menjalani rawat inap selama 6 hari, Ziban kemudian menjalani operasi. Pasca operasi Ziban seharusnya menjalani kontrol rutin, tetapi karena terkendala biaya pengobatan Ziban pun terhenti. Saat ini Ziban sedang menjalani pengobatannya di RS Pertamina Cirebon. Hampir setiap minggu Ziban menempuh perjalanan dari Indramayu ke Cirebon. Untuk terus melanjutkan pengobatannya Ziban membutuhkan bantuan biaya transportasi, biaya akomodasi, biaya obat-obatan yang tidak ditanggung jaminan kesehatan, biaya nutrisi tambahan dan biaya kebutuhan medis lainnya karena orang tuanya harus menemani berobat dan tak bisa bekerja lagi.

Ibu Royani dan Ziban hanyalah beberapa contoh dhuafa sakit yang membutuhkan bantuan ambulans untuk berobat. Masih ada ratusan pasien sakit seperti mereka yang menjadi dampingan SR Cirebon.

“Tiap harinya ambulans mengantar jemput 2-5 pasien berobat mulai ke rumah sakit daerah hingga ke rumah sakit rujukan di Kota Bandung”

“Liburnya cuma minggu aja, tapi kalau ada yang membutuhkan tetap berangkat juga,” kata relawan ambulans gratis Sedekah Rombongan Cirebon.

Ambulans gratis adalah harapan kesembuhan bagi pasien di Cirebon. Namun, karena operasionalnya yang sangat tinggi dan umur ambulans yang sudah tua, ambulans yang saat ini beroperasi mulai termakan usia. Meskipun sudah dirawat dengan sepenuh hati tetap saja terjadi kerusakan di beberapa titik. Ambulans SR harus pensiun dini dan digantikan dengan unit yang baru agar aman dan nyaman digunakan untuk pasien

Oleh karena itu, kami mengajakmu, para #Sedekaholic untuk bersatu, mengulurkan tangan dan menyisihkan rezeki untuk membantu pengadaan ambulans gratis  dengan cara:

1. Klik tombol “DONASI SEKARANG

2. Masukkan nominal donasi, tambahkan kode unik “017”, contoh : Rp 500.017

3. Pilih metode pembayaran GO-PAY, Jenius Pay, LinkAja, DANA, Mandiri Virtual Account, BCA Virtual Account, atau transfer Bank (transfer bank BNI, Mandiri, BCA, BRI, BNI Syariah, atau kartu kredit) dan transfer ke no. rekening yang tertera.

Mari, berikan sedekah terbaikmu!

Donasi yang terkumpul akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan operasional ambulance gratis di Cirebon dan kota lainnya.

InsyaAllah ada pahala di setiap putaran roda ambulans gratis yang mengantarkan dhuafa sakit.  

Terima kasih #Sedekaholic